Logo Hari Sumpah Pemuda 2023

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) merilis logo Hari Sumpah Pemuda 2023 dalam rangka peringatannya. Seperti diketahui, Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tahun pada 28 Oktober. Tahun ini adalah peringatan 95 tahun Sumpah Pemuda.

Berikut adalah serba-serbi logo Hari Sumpah Pemuda 2023. Hari Sumpah Pemuda 2023 jatuh pada Sabtu, 28 Oktober 2023. Dilansir situs resmi Kemenpora RI, Logo Hari Sumpah Pemuda 2023 terdiri atas simbol yang berlatarkan warna merah, biru, hijau dan kuning. Selain itu, ada tulisan “95 Tahun Sumpah Pemuda” yang menandakan Hari Sumpah Pemuda 2023 adalah peringatan 95 tahun peristiwa bersejarah tersebut sejak tahun 1928. Tema Hari Sumpah Pemuda 2023 Kemenpora RI menerbitkan logo dan tema peringatan 95 tahun Hari Sumpah Pemuda. Adapun tema Hari Sumpah Pemuda 2023 adalah “Bersama Majukan Indonesia”. Slogan sekaligus tema Hari Sumpah Pemuda 2023 tercantum dalam logo. Mengapa Tanggal 28 Oktober Dijadikan Hari Sumpah Pemuda?

Para pemuda menyelenggarakan rapat atau kongres pemuda yang diusulkan oleh Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh Indonesia. Kongres pemuda tersebut diselenggarakan dua kali, yaitu pada 27 dan 28 Oktober 1928. Akhirnya, pada kongres kedua tanggal 28 Oktober, lahirlah Sumpah Pemuda yang diikrarkan oleh para pemuda. Ikrar Sumpah Pemuda dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928. Lahirnya Sumpah Pemuda pada 28 Oktober menjadi latar belakang adanya peringatan Hari Sumpah Pemuda. Hingga kini, Hari Sumpah Pemuda terus diperingati setiap tanggal 28 Oktober.
Download Logo Hari Sumpah Pemuda 2023

Sumber: https://www.hanapibani.com/2023/10/logo-hari-sumpah-pemuda-2023.html#gsc.tab=0
Konten adalah milik dan hak cipta hanapibani.com

Kemenag dan Skilvul Buka Beasiswa Pelatihan Koding bagi Madrasah

Kemenag dan Skilvul Buka Beasiswa Pelatihan Koding bagi Madrasah, Ini Cara Daftarnya

Jakarta (Kemenag) — Kementerian Agama dan Skilvul menjalin sinergi, berikan beasiswa pelatihan koding bagi guru dan siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Kerjasama ini dikemas dalam program #MadrasahBisaNgoding

“Sebagai upaya meningkatkan kompetensi serta literasi digital, Kemenag gandeng Skilvul untuk beri pelatihan gratis kepada guru dan siswa madrasah,” terang Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah di Jakarta, Rabu (9/11/2022).

Menurutnya, transformasi digital yang menjadi salah satu program prioritas Menag Yaqut Cholil Qoumas, harus disiapkan sampai level madrasah. Selain pendidikan agama, madrasah dituntut mampu memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan siswa sesuai perkembangan zamannya.

Program ini, lanjut Isom, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital yang akan memampukan para siswa untuk menjawab kebutuhan industri saat ini. “Koding bisa menjadi salah satu ruang pengembangan guru dan siswa yang mempunyai minat dan bakat di bidang teknologi informasi,” ujarnya.

“Bagi guru, koding juga diharapkan bisa meningkatkan inovasi dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran,” sambungnya.

Isom menambahkan, untuk tahap pertama, ada 4.000 kuota gratis yang akan diberikan kepada siswa-siswi madrasah. Mereka akan mengikuti Basic Web Development Course secara intensif selama 1 bulan. Program ini juga memberikan pelatihan kepada 1.250 guru MTs dan MA.

“Selama pelatihan, para peserta akan dibimbing oleh mentor yang sudah berpengalaman di bidangnya, serta akan mendapatkan sertifikasi,” jelas Isom.

Pendaftaran program #MadrasahBisaNgoding dibuka mulai 10 November sampai 31 Desember 2022. Sedang proses pelatihannya akan berlangsung dari 6 – 20 Januari 2023. Untuk info pendaftaran selengkapnya, sila klik Daftar Madrasah Bisa Ngoding.

“Melalui program #MadrasahBisaNgoding ini, diharapkan para siswa-siswi dan guru Madrasah bisa menciptakan sebuah solusi digital untuk mengatasi permasalahan yang ada di sekitarnya; terutama di lingkungan Madrasah sendiri,” harapnya.

Chief of Business Skilvul William Hendrajaja mengatakan, belajar koding mempunyai banyak manfaat. Bukan hanya untuk nantinya bisa jadi programmer, belajar koding juga bisa  memampukan guru dan siswa untuk memiliki keterampilan abad 21. Misalnya, problem solving, kemampuan berpikir logis dan kritis, kreativitas, dan lainnya.

“Soft skill ini malah menjadi penting untuk kita miliki agar dapat beradaptasi di era transformasi digital seperti sekarang ini,” tandasnya.

William Hendrajaja menambahkan, Skilvul adalah sebuah platform pendidikan teknologi yang menyediakan konten pelajaran digital skills dengan metode “blended-learning” dalam bentuk online maupun offline. “Visi kami adalah untuk menghasilkan sejuta digital talent untuk Indonesia melalui pendidikan vokasi digital. Dengan proses pembelajaran yang menarik dan efektif, siapapun dapat belajar digital skills, mendapatkan sertifikasi, dan tentunya siap kerja!,” tandasnya.

Apel Kesiapsiagaan Operasi Ketupat Lodaya dan Tanggap Bencana

Bandung, 22 April 2022

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Cimahi mengikuti Apel Kesiapsiagaan Operasi Ketupat Lodaya dan Tanggap Bencana yang dilaksanakan oleh Polda Jabar serta BPBD Jawa Barat.

Pada pelaksanaannya dihadiri dari berbagai Instansi dan Organisasi yang siap diterjunkan pada pengamanan alur Mudik Lebaran/ Idul Fitri 1443 H Tahun 2022.
Kegiatan ini yang bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Gubernur Jawa Barat yang juga sebagai Ketua Mabida Pramuka Jawa Barat Kak. Ridwan Kamil serta di dampingi oleh Ketua Kwarda Jawa Barat Kak. Atalia Praratya Ridwan Kamil.

 

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, Anggota Pramuka Peduli dan juga Saka Bhayangkara dapat berkolabirasi dengan instansi terkait untuk mempersiapkan personilnya, agar dapat ikut andil dalam Pam pengamanan Operasi Lodaya dan Tanggap Bencana.

 

Selain Apel Gelar Pasukan, BPBD Jawa Barat juga membuka pelayanan Vaksinasi ke 1 s.d vaksin ke 3 boster bagi masyarakat.

#PramukaJabarJuara #PramukaCimahi